Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Pages

September 24, 2012

A Separation | Belajar Menghadapi Badai Rumah Tangga

 

Film A Separation berkisah tentang kehidupan pasangan suami istri antara Nader (Peyman Moaadi) dan Simin (Leila Hatami). Rumah tangga keduanya berada di ambang perceraian karena kemelut internal.

Penyebabnya adalah keinginan Simin yang terobsesi meninggalkan Iran. Tujuannya adalah agar putrinya, Termeh (Sarina Farhad), dapat tinggal di tempat yang lebih layak. Sayangnya, niat tersebut tidak disetujui oleh Nader yang ingin tetap tinggal demi menjaga ayahnya yang menderita penyakit alzheimer.

Perbedaan pendapat ini membuat Simin memutuskan untuk pindah ke rumah ibunya dan meninggalkan Nader serta Termeh. Sementara Nader tak begitu sengit menghalangi kepergian istrinya. Jadilah mereka terpisah tempat tinggal.

Sepeninggal Simin, Nader memutuskan menyewa pengasuh untuk ayahnya. Pengasuh tersebut bernama Razieh (Bayat). Razieh merupakan perempuan muda yang sedang hamil dan memiliki suami pemarah. Suamnya bernama Hodjat (Hosseini).

Razieh menerima pekerjaan sebagai pengasuh Termeh tanpa berkonsultasi terlebih dulu dengan suaminya, suatu hal yang harus dilakukan perempuan di negara para mullah tersebut.

Suatu ketika, Razieh harus menghadiri pertemuan dengan dokternya sehingga ia memutuskan untuk mengikat dan mengunci ayah Nader. Nader marah ketika menemukan ayahnya dalam kondisi pingsan karena terjatuh.

Ia mengusir Razieh keluar sehingga menyebabkan perempuan ini jatuh dari tangga dan harus kehilangan janinnya. Konflik semakin menarik karena pengadilan tidak hanya dihadapi oleh Nader, tetapi juga Razieh karena didakwa menyiksa seorang pria tua.

A Separation menampilkan Iran kontemporer, sebuah drama tentang pemisahan  sebuah perkawinan.  Simin sempat menggugat  cerai ketika Nader menolak untuk meninggalkan ayahnya yang  menderita alzheimer itu.

Gara-gara permintaannya itu yang tidak dipenuhi oleh Nader,  membuat Simin mengambil keputusan untuk kembali ke rumah orang tuanya. Sayang pilihan Nader merekrut Razieh untuk membantu  merawat ayahnya, tak seideal yang ia harapkan. Film ini menampilkan kerumitan dalam menglola konflik dalam rumah tangga.